Sabtu , 10 Desember 2022
Home / BERITA UTAMA / Untuk Pembangunan, Bandung Akan Terapkan Public Private Partnership
Foto:bandung.bisnis.com

Untuk Pembangunan, Bandung Akan Terapkan Public Private Partnership

darikita.com, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil akan menerapkan Public Private Partnership pada tahun 2016 mendatang. Sistem tersebut ia adopsi dari negara berkembang seperti Inggris. Nantinya sistem tersebut akan membantu dalam pembangunan jalan, sekolah dan rumah sakit.

Terlebih, sudah keluarnya peraturan dari Menteri Keuangan yang membolehkan kota atau pun kabupaten untuk melakukan kemitraan dalam membangun kota dengan dana swasta. “Saya lupa nomor suratnya berapa. Alhamdulilahnya, Kota Bandung sudah dilengkapi dengan peraturan daerahm namanya multiyears. Yang artinya menjamin pembayaran dari APBD untuk proyek pembangunan jangka panjang yang dulu memang dipersiapkan untuk pembangunan PLTSa,” jelasnya.

“Saya sudah minta Pak Zul (Kepala DBMP Kota Bandung-red) untuk menulis daerah mana saja yang butuh fly over, underpass, danau yang nanti bisa dikerjakan oleh swasta. Sehingga mudah-mudahan dalam tiga tahun pembangunan di Bandung bisa cepat, tidak selalu alasannya terbatas dana APBD,” tambah Emil.

Emil akan mengambil beberapa SDM yang tersedia di Pemkot Bandung untuk menangani sistem pembangunan ini. “Kalau sekarang kan masih comot-comot SDM dari dinas, kalau nanti mah punya unit kerja sendiri. Sehingga pintunya cuma satu untuk mengurusi semua yang sifatnya PPP dengan konsep BOT (buil, operate, transfer-red),” ungkapnya.

Biaya cicilan ke perusahaan swasta yang nentinya menjadi rekanan, akan dilakukan pembayaran selama 25 tahun. “Kalau pakai metode Inggris 25 tahun lama biaya cicilan. Investor sudah banyak yang tertarik. Dari Spanyol, Singapura, Sanghai, Malaysia dan lokal juga banyak dari jakarta,” tutup Emil. (Ravi/dk)

Check Also

Emil Tidak Permasalahkan Sebagian Hotel Menolak Dijadikan Tempat Isolasi OTG

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil angkat bicara mengenai adanya penolakan dari beberapa hotel …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.